• Home
  • Article
  • Makin Banyak Ragam Bakteri di Perut, Lemak Bisa Susut

Makin Banyak Ragam Bakteri di Perut, Lemak Bisa Susut

Jakarta, Selain baik untuk percernaan keseluruhan, produk probiotik disebut juga memiliki manfaat untuk perut yang langsing. Studi sebelumnya menemukan orang yang rutin mengonsumsi produk seperti Yoghurt misalnya, saat diet dapat mempercepat penurunan berat badan dan mengecilkan lingkar perut.

Berkaitan dengan hal tersebut ada lagi tambahan bukti baru yang ditemukan oleh tim peneliti dari King's College London. Dipimpin oleh Dr. Michelle Beaumont, analisa lebih dari 3600 sampel kotoran menunjukkan orang yang memiliki banyak ragam bakteri perut memang lebih mungkin untuk memiliki perut langsing.

Seperti kita ketahui probiotik bekerja dengan cara mempromosikan bakteri-bakteri baik. Dengan rutin mengkomsumsinya maka bakteri yang ada akan semakin beragam.

Dipublikasi dalam jurnal Genome Biology, Dr. Michelle mengatakan perut bisa lebih langsing kemungkinan karena terjadinya keseimbangan. Ketika hanya sedikit ragam bakteri yang ada dan tidak ada persaingan, maka bisa terjadi dominasi dari jenis bakteri yang dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak.

"Karena ini hanya studi observasi kami tak bisa mengatakan pasti bagaimana komunitas bakteri yang ada mempengaruhi penyimpanan lemak di perut. Atau apakah ada mekanisme lain yang mungkin berperan dalam peningkatan berat badan," kata Dr. Michelle seperti dikutip dari BBC . (senin(26/06/2016)

Satu hal yang jelas studi oleh Dr. Michelle memperkuat bukti bahwa bakteri perut bisa memiliki peran dalam masalah obesitas.

Penimbunan lemak di perut atau visceral fat sendiri dianggap lebih berbahaya karena dapat  memicu peradangan sistemik pada seluruh tubuh. Posisinya dekat dengan organ penting seperti hati, pankreas, dan usus. 

 

Firdaus Anwar - detikHealth

http://health.detik.com/read/2016/09/26/113003/3306716/1410/makin-banyak-ragam-bakteri-di-perut-lemak-bisa-susut?l992205755