• Home
  • Article
  • Tak Ada Riwayat Keluarga dan Sudah Hidup Sehat, Mengapa Seseorang Kena Kanker
Электроинструмент Makita по низким ценам
knee surgery

Tak Ada Riwayat Keluarga dan Sudah Hidup Sehat, Mengapa Seseorang Kena Kanker

Jakarta, Selama ini orang mengira dengan tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker, maka dirinya akan aman dari resiko penyakit tersebut. Namun nyatanya tidak demikian, karena siapapun juga tetap berisiko kena kanker.

Menurut dr. Elisna Syahruddin, PhD, SpP(K) dari RSUP Persahabatan, kanker merupakan penyakit gen dan masalahnya  bersifat masing-masing di dalam diri sendiri.

"Jadi karena ada gangguan pada informasi genetik yang dibawa, sifatnya intraseluler. Kalau ada masalah di sel hidung ya jadi kanker hidung, di paru ya jadi kanker paru." imbuh dr. Elisna dalam seminar media yang diadakan di RS Mitra Kemayoran, Jakarta, Senin (22/08/2016)

"Ia melanjutkan, tubuh memiliki mekanisme tersendiri dalam menjaga siklus sel, termasuk diantaranya menjaga kualitas sel. Apabila terjadi kelainan dalam  bentuk maupun cara kerja sel, tubuh akan membuangnya. Namun ada kalanya terjadi hal yang kemudian membuat sel tersebut tak terbuang".

"Sel-sel bermasalah itu nantinya jadi kanker. Jadi awalnya sel yang itu normal atau bersifat kanker itu jalurnya sama, tapi kemudian ada checkpoint. Sel-sel yang tidak beres nanti dibuang. Tapi kadang ada yang mampu "menipu" dan lolos. Ini yang kemudian memicu kanker." ujar dr. Elisna.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang memiliki proses panjang untuk bisa muncul. Penyakit ini juga tak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, meskipun mungkin sebelumnya tak ada riwayat keluarga.

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth

http://health.detik.com/read/2016/08/22/160053/3280665/763/tak-ada-riwayat-keluarga-dan-sudah-hidup-sehat-mengapa-seseorang-kena-kanker