• Home
  • Article
  • Saat Bayi Radang Tenggorokan, Ini yang bisa dilakukan Orang Tua di Rumah

Saat Bayi Radang Tenggorokan, Ini yang bisa dilakukan Orang Tua di Rumah

Health.Detik.com - Saat bayi atau anak mengalami radang tenggorokan, biasanya mereka akan menjadi lebih rewel, namun enggan makan atau minum. Bagi bayi tak jarang juga yang kemudian malam menyusu. Orang tuapun dibuat menjadi bingung.

Meskipun demikian, tetap ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua sebelum bayi dibawa ke dokter. Apa saja yang dapat dilakukan oleh orang tua ?

Disampaikan oleh dokter spesialis anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Dr. Meta Hanindita, Sp.A, bahwa langkah awal yang penting dilakukan orang tua dirumah saat anak kena radang tenggorokan adalah tetep memberikan banyak minum untuk anak.

" Jangan lupa untuk tetap memberikan anak makanan yang bergizi, serta kualitas istirahat yang baik. Khusus Bayi tetap susui." ujar dr. Meta kepada detikHealth baru-baru ini.

Dr. Meta menambahkan jika penyebab radang tenggorokan adalah virus, maka biasanya kondisi tersebut bersifat 'Self Limited Disease' alias akan sembuh dengan sendirinya. Namun walaupun bisa sembuh sendiri, terkadang anak tetap membutuhkan obat untuk meredakan nyeri dan menyamankan mereka.

"Karena kalau sakit banget kan mereka tak mau minum dan makan, malah beresiko dehidrasi, apalagi jika radang membuat bayi muntah-muntah terus, sebetulnya semua tergantung dengan kondisi anak masing-masing ya ". terang dr. Meta.

Khusus untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk itu, orang tua sebaiknya membawa anaknya ke dokter untuk diberikan obat antibakteri.

Sumber : health.detik.com